Dosen dan Mahasiswa Prodi Bioteknologi Biologi Undhira Dampingi Petani untuk Mengembangkan PRODUK “SI JAE” di Desa Taro Gianyar

Universitas Dhyana Pura merupakan salah satu perguruan tinggi  penerima hibah PKM yang diselenggarakan oleh Kemendikbud-Ristek, untuk tahun pelaksanaan 2021. Kegiatan PKM diketuai oleh Dosen Prodi Biologi Bioteknologi Ni Kadek Yunita Sari, S.Si.,M.Si. dengan menggandeng beberapa tim dosen yaitu Ni Wayan Nursini, S.TP,M.P. dan Natalia Sri Endah K., SE., MSA., Ak.  Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa dari Program Studi Bioteknologi, Biologi, Fakultas Kesehatan Sains dan Teknologi yaitu Ni Nyoman Ari Mardianti dan Gerry Ganvis. Mitra sasaran dari kegiatan yaitu Kelompok Petani Jahe di Banjar Tebuana Desa Taro, Gianyar, Bali.

Peningkatan permintaan Jahe di masa pandemi tidak berdampak signifikan bagi petani di Banjar Tebuana, menurut ketua kelompok tani I Nyoman Merta, harga hasil panen rimpang segar di kelompok petani Banjar Tebuana masih lebih rendah dibandingkan harga di pasar tradisional dan modern. Selain itu bentuk rimpang segar memiliki resiko degradasi mutu akibat penyimpanan yang akan semakin menurunkan nilai jualnya. Sehingga Tim PKM Undhira melakukan pendampingan  pada petani untuk mengembangkan produk Si Jae (Simplisia Jahe).

By: Ni Kadek Yunita Sari