DIVISI ZOOLOGI HIMPUNAN MAHASISWA BIOLOGI JURUSAN BIOTEKNOLOGI WEBINAR HIMA BIOLOGI JURUSAN BIOTEKNOLOGI “MENGENAL DAN MENGETAHUI CARA PELESTARIAN REPTIL SERTA MANFAATNYA DIKALANGAN PELAJAR ATAU MAHASISWA

(Kamis, 29 April 2021) Himpunan Mahasiswa Biologi telah mengadakan kegiatan Webinar mengenai “Mengenal dan Mengetahui Cara Pelestarian Reptil serta Manfaatnya dikalangan Pelajar atau Mahasiswa” yang dihadiri oleh lebih dari 500 peserta melalui google meet dan Youtube Live Streaming. Dalam kegiatan ini akan membahas mengenai reptil yang dianggap menakutkan yang harus dihindari bahkan dimusnahkan. Hal ini dikarenakan sebagian besar reptil dikira sebagai hewan liar yang berbahaya dan berbisa. Namun, saat ini seiring dengan berkembangnya jaman dan ilmu pengetahuan, pandangan tersebut sudah berubah dan banyak orang yang senang memelihara reptil dikarenakan keunikan yang dimiliki oleh hewan ini. Keunikan tersebut menarik perhatian pecinta satwa untuk memelihara dan mengembangbiakkan reptil.

Kegiatan ini bersifat umum dan diisi oleh seorang narasumber yang fokus pada bidang ilmu Reptilia yaitu Bapak I Gede Agus Pradana, S.Si.,M.Si. Beliau merupakan Head Display & Nutrition dan Bali Reptile Rescue. Dalam penyampaian materinya, beliau mengangkat hal yang sangat menarik untuk diperbincangkan terkait dengan cara penanganan reptil yaitu ular dan menjelaskan mengenai jenis-jenis reptile apa saja yang bisa kita ketahui yang ada di sekeliling kita. Tentunya hal ini menjadi daya tarik bagi peserta untuk lebih dalam menyimak materinya. Webinar ini disambut baik oleh Pembina Himpunan Mahasiswa Biologi dan ditutup oleh Ibu Kaprodi Biologi.

       Melalui kegiatan webinar ini, diharapkan dapat menambah wawasan positif bagi pelajar atau mahasiswa dalam mengetahui betapa pentingnya pelestarian hewan khususnya reptil dan manfaatnya serta menjadi peluang bagi pelajar yang memiliki minat untuk mendalami ilmu herpetology khususnya Reptile, terutama terkait dengan peluang karir  atau kegiatan dalam dunia herpetology seperti : Team rescue, edukasi ke masyarakat, pembuatan film dokumentry, pengambilan foto ular untuk majalah, buku, baju, dll, penulisan jurnal ilmiah, melakukan penelitian radio telemetry, Melakukan sweeping atau pemindahan ular di area Villa, hotel, dll serta beberapa kerajinan tangan seperti pembuatan skeleton ular dari bangkai ular yang ditemukan.