PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN PANDAN WANGI DI DESA CEPAKA, KEDIRI, TABANAN, BALI

PKM merupakan salah satu kegiatan yang setiap tahun dilaksanakan oleh dosen dimana tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk/mengembangkan sekelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi; membantu menciptakan ketentraman, dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat; dan meningkatkan keterampilan berpikir, membaca dan menulis atau keterampilan lain yang dibutuhkan (softskill dan hardskill).

Salah satu kegiatan PKM  yang telah dilaksanakan pada bulan september-desember 2020 adalah dengan melakukan pendampingan pada kelompok tani pandan wangi di Desa Cepaka, Kabupaten Tabanan. Perkebunan ini memiliki luas 15 Ha dimana perkebunan yang dimanfaatkan untuk pandan wangi kurang produktif dalam pemasarannya. Hasil perkebunan pandan wangi biasanya dipasarkan ke pasar tradisional dan diambil oleh pengepul saja.  Setelah dipanen tanaman ini harus segera didistribusikan agar tetap segar, sedangkan tanaman yang  merupakan sisa hasil panen memiliki kualitas yang hampir sama, tumbuh dengan cepat tetapi  tidak mudah untuk dipasarkan. Oleh karena itu banyaknya hasil panen dari tanaman pandan wangi ini  menjadi permasalahan yang dialami oleh mitra, sehingga dilakukan pendampingan untuk  mengembangkan produk dari  limbah tanaman pandan wangi ini  menjadi desinfektan alami. Upaya yang telah dilakukan adalah melakukan pengembangan terhadap produk dengan menentukan merk dagang dan desain kemasan serta pemasaran produk yang dilakukan melalui sosial media (facebook dan instagram).

 Berdasarkan hasil PKM didapatkan bahwa kelompok tani mengalami rata-rata peningkatan pengetahuan mengenai pemanfaatan limbah pandan wangi sebesar 83%, dimana sebelum pendampingan kelompok tani di berikan pretest dan postest setelah dilakukan pendampingan. Produk yang dihasilkan adalah desinfektan yang berbahan dasar pandan wangi. Berdasarkan kegiatan PKM diharapkan kelompok tani nantinya bisa menciptakan produk inovasi lainnya.