PRODUK UNGGULAN MAHASISWA PRODI BIOLOGI UNDHIRA IKUT SERTA DALAM AJANG UNDHIRA INNOVATION AWARDS (UIA) 2020

Dalam rangka dies natalis Universitas Dhyana Pura (Undhira) yang ke-9 pada tanggal 7 Juli tahun 2020, sebuah kompetisi kegiatan ilmiah kewirausahaan diselenggarakan untuk menampung ide-ide kreatif dan inovatif dalam produk karya asli yang diciptakan para mahasiswa Undhira yang diberi nama Undhira Innovation Awards (UIA).

Pada kegiatan UIA kali ini, para mahasiswa Prodi Biologi mengirimkan tiga produk unggulan mereka untuk ikut serta dalam ajang tersebut. Produk tersebut antara lain Healthy Herbal Shampoo, Kokana Kaldu Nabati dan P-lipur HARA pupuk organik cair. Masing-masing produk memiliki keunikan, keunggulan dan manfaat yang beragam. Sebagai informasi singkat masing-masing produk, Healthy herbal shampoo dengan bahan utama ekstrak daun dan bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L) yang tinggi dengan senyawa saponin bermanfaat dalam mengatasi kerontokan rambut dan tumbuhnya uban, Kokana kaldu nabati dengan bahan utama jamur tiram putih kaya akan kalsium serta protein nabati, selain sebagai penyedap masakan nabati juga sebagai antioksidan alami yang diperoleh dari bawang putih dan daun seledri sebagai bahan tambahannya, P-lipur HARA pupuk organik cair memiliki manfaat untuk pertumbuhan, pembungaan dan pembuahan pada tanaman, cocok digunakan untuk segala jenis tanaman mulai dari tanaman hortikultura hingga jenis tanaman hias, tinggi akan kandungan unsur hara makro N, P, K dan unsur hara  sekunder C, H, O, unsur hara mikro Ca, Mg, Fe, S dan Cl yang esensial bagi tumbuhan. Bahan utama P-lipur HARA adalah limbah dapur, limbah jamur tiram, limbah ampas nangka yang diolah menggunakan metode fermentasi.

Dengan ikut serta dalam ajang-ajang kompetisi ilmiah seperti UIA akan mampu menggali dan meningkatkan ide kreatif serta inovatif para mahasiswa khususnya mahasiswa biologi untuk selalu belajar observasi, menemukan permasalahan, mengaplikasikan metode ilmiah, menganalisis serta menarik suatu kesimpulan.

Seperti diketahui bahwa Prodi Biologi, Jurusan Bioteknologi Undhira menyiapakan 3 kompetensi/keahlian untuk calon lulusannya yaitu  Bio-Kesehatan (Biofarmasi, Herbal Medicine, Mikrobiologi Medis, Biomedik, DNA Forensik), Bio-Pangan (Teknologi Pangan, Keamanan Pangan), Bio-konservasi (Teknologi Pengolahan Limbah, Manajemen lingkungan, Biokonservasi Hayati).Lulusan Jurusan Bioteknologi Undhira Bali akan menempati posisi kerja yang sangat menjanjikan yaitu: Manager (Quality Control/Assurance, Field Manager, Production), Researcher (Peneliti & kepala analis laboratorium kesehatan, pangan, lingkungan), Edutrainer (Pendidik), Consultant (Konsultan) dan Bioentrepreneur (Pengusaha). Kebutuhan industri terhadap tenaga kerja bioteknologi meningkat setiap tahun sehingga terbukti lulusan bioteknologi Undhira Bali terserap hampir 100% di dunia kerja/industri yang sesuai.