JURUSAN BIOTEKNOLOGI (PRODI BIOLOGI) UNIVERSITAS DHYANA PURA MEMBINA KLUB PENELITI SAINS SMA NEGERI 2 NEGARA JEMBRANA BALI

SMA Negeri 2 Negara sebagai salah satu sekolah menengah atas di Kabupaten Jembrana  selalu mendidik muridnya dengan tetap mempertahankan budaya ilmiah. Hal ini terbukti dengan diadakaanya ekstrakurikuler bidang akadmik seperti klub peneliti sains. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi untuk mengembangkan prestasi klub khususnya dalam hal keterampilan meneliti dan menulis laporan hasil penelitian. Oleh karena itu Jurusan Bioteknologi Universitas Dhyana Pura (Undhira) dengan dukungan tim dosen serta mahasiswa terjun ke sekolah sebagai pendamping (mentor) dalam kegiatan PKM (Pengabdian Kemitraan Masyarakat) yang berlangsung dari bulan April hingga Oktober 2019. Luaran kegiatan ini berupa peningkatan keterampilan meneliti hingga menulis laporan hasil penelitian sesuai pedoman penulisan yang telah disusun oleh Tim PKM. Kegaitan ini sepenuhnya didukung oleh lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Dhyana Pura yang fokus dalam pengembangan riset dan inovasi di Universitas Dhyana Pura.

Generasi muda saat ini mempunyai potensi sangat besar khususnya di bidang teknologi yang mengikuti perkembangan zaman. Tanpa kita sadari, pemuda di seluruh dunia sudah banyak menciptakan inovasi teknologi baik yang kompleks maupun sederhana. Menurut data dari BPS, generasi ini akan menguasai 50%-60% populasi masyarakat Indonesia dengan menjadi populasi usia produktif terbesar dalam 5 tahun mendatang. Tidak dapat dipungkiri, ketertarikan generasi muda saat ini khususnya di bidang teknologi sangat tinggi, baik yang berpengaruh dan berdampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap masyarkat. Dalam bidang sains menurut Lembaga Penelitian Indonesia tahun 2015 terjadi peningkatan animo peneliti muda dalam kompetisi-kompetisi sains seperti olimpiade dan lomba karya tulis ilmiah bidang sains. Hal ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan perhatian generasi muda kita terhadap perkembangan dunia sains dan teknologi. Penelitian ilmiah merupakan sarana untuk memajukan sains, melalui penelitian ilmiah fenomena sains dapat dipecahkan. Hasil penelitian ilmiah juga merupakan sauatu indikator kemajuan suatu bangsa.

Jurusan Bioteknologi (Prodi Biologi) Undhira Bali, merupakan Jurusan Bioteknologi dengan peminatan bioteknologi kesehatan, pangan, lingkungan dan biokonservasi. Sumber daya alam Indonesia yang melimpah memerlukan pengelolaan yang berkelanjutan. Sumber daya alam dapat dimanfaatkan secara bijaksana demi kepentingan kesejahteraan masyarakat. Banyak industri makanan, minuman, obat, dan pariwisata memanfaatkan sumber daya alam, sehingga sarjana biologi dalam hal ini bioteknologi banyak diperlukan dalam pengelolaannya. Mahasiswa dapat memilih 3 kompetensi dengan kuliah keahlian yaitu  Bioteknologi Kesehatan (Biofarmasi, Herbal Medicine, Mikrobiologi Medis, Biomedik, DNA Forensik), Bioteknologi Pangan (Teknologi Pangan, Keamanan Pangan), Bioteknologi Lingkungan (Teknologi Pengolahan Limbah, Teknik Analisa Lingkungan, Biokonservasi Hayati). Profil Lulusan Jurusan Bioteknologi Undhira Bali yaitu: Manager (Quality Control/Assurance, Field Manager, Production), Researcher (Peneliti muda, analis kesehatan, pangan, lingkungan), Edutrainer (Pendidik), Consultant (konsultan) dan Bioentrepreneur (Pengusaha). Kebutuhan industri terhadap tenaga kerja bioteknologi meningkat setiap tahun sehingga lulusan bioteknologi Undhira Bali terserap 100% di dunia kerja/industri.

Penulis: I Gede widhiantara, S.Si. M.Biomed.

Dosen Jurusan Bioteknologi, Universitas Dhyana Pura