JAJO Tempe: Inovasi Tempe Berbahan Dasar Jagung dan Kacang Hijau

Mahasiswa Prodi Biologi pada UIA 2022 ini mencoba membuat inovasi produk makanan fermentasi (tempe) berbahan dasar jagung (Zea mays) dan kacang hijau (Vigna radiata). JAJO Tempe merupakan produk bioteknologi hasil fermentasi jamur Rhizopus oryzae  berbahan dasar jagung dan kacang hijau. Berbeda dengan produk tempe pada umumnya, JAJO tempe ini terbuat dari 2 bahan yang dikombinasi, yaitu kacang hijau dan jagung, dimana kedua bahan tersebut  merupakan sumber dari karbohidrat dan protein nabati. Jadi, pada tempe ini terdapat makanan komplit pengganti nasi sekaligus lauk. Tempe ini bisa dimakan oleh orang-orang yang memiliki program diet, memiliki riwayat diabetes, dan kolesterol.

Produk JAJO tempe menggunakan 2 bahan mudah dicari yang terdapat 2 khasiat yang berbeda dan tentunya aman untuk dikonsumsi oleh semua kalangan. Tidak hanya itu, JAJO tempe ini juga bisa digunakan sarapan atau sebagai penunda lapar dan hemat biaya pangan. JAJO Tempe tidak hanya memiliki keunikan dalam manfaatnya. Kemasan produk yang inovatif serta ramah lingkungan juga menjadi keunikan dari produk ini. Kemasan produk ini menggunakan daun bambu. Kemasan tempe ini memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pengolahan limbah untuk program ramah lingkungan.

Produk inovasi JAJO Tempe yang dikembangkan oleh mahasiswa Biologi Undhira dihasilkan dari observasi permasalahan sekitar dan literasi yang memadai serta kebutuhan yang berkembang di masyarakat. Produk inovasi mahasiswa Prodi Biologi sangat cocok dengan kompetensi Program studi Biologi Undhira yakni bioteknologi kesehatan, pangan dan biologi konservasi.

Undhira Innovation Awards (UIA) tahun 2022 diikuti oleh perwakilan mahasiswa masing-masing jurusan di Universitas Dhyana Pura. UIA pada tahun ini diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis Undhira yang ke-11 pada 7 juli 2022.

By: Ni Kadek Yunita Sari