PRODUK INOVASI MAHASISWA PRODI BIOLOGI UNDHIRA IKUT SERTA DALAM UNDHIRA INNOVATION AWARDS (UIA) 2022

HelloWine

Mahasiswa Prodi Biologi pada UIA 2022 ini mengirimkan produk minuman fermentasi (wine) berbahan dasar buah naga merah (Hylocereus polyrhizus) dan ekstrak air bunga telang (Clitoria ternatea). HelloWine merupakan minuman yang ditujukan sebagai minuman selamat datang atau  “welcome drink” untuk para tamu atau penyambutan dalam sebuah acara, minuman ini juga dapat dikonsumsi pada semua kegiatan baik formal ataupun santai. Buah naga merah kaya akan pigmen betasantin, betakaroten, kalsium, vitamin B dan vitamin C. Sedangkan ekstrak air bunga telang mengandung flavonoid memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat. HelloWine menyediakan berbagai nutrisi untuk tubuh. Kandungan kalsium buah naga merah sangat tinggi mencapai 137 mg per 100 gram. Selain itu kandungan vitamin C dan B kompleks yang sangat baik untuk daya tahan tubuh. Bunga telang memiliki kandungan utama flavonoid yang memiliki aktifitas anitioksidan yang tinggi serta IC50 yang rendah.

Produk HelloWIne telah melewati tahapan uji toksisitas akut pada hewan coba, pengujian kadar alcohol dan uji organoleptic dengan melibatkan 30 responden. Produk dipasarkan secara langsung maupun menggunakan aplikasi media sosial yang sedang tren saat ini. Produk inovasi oleh mahasiswa Biologi Undhira dihasilkan dari observasi permasalahan sekitar, literasi yang memadai dan uji coba laboratorium  serta kebutuhan yang berkembang di masyarakat. Produk inovasi mahasiswa Prodi Biologi sangat cocok dengan kompetensi Program studi Biologi Undhira yakni bioteknologi kesehatan, pangan dan biologi konservasi.

Undhira Innovation Awards (UIA) tahun 2022 diikuti oleh perwakilan mahasiswa masing-masing jurusan di Universitas Dhyana Pura. UIA pada tahun ini diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis Undhira yang ke-11 pada 7 juli 2022.

Dr. I Gede Widhiantara, S.Si.,M.Biomed.