PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT PRODI BIOLOGI UNDHIRA BALI BINA DAN DAMPINGI KELOMPOK TANI JAMUR TIRAM DESA LUWUS TABANAN MENGELOLA LIMBAH BAGLOG

        Untuk meningkatkan peran universitas dalam pengembangan kesejahteraan masyarakat, Undhira Bali melalui program Kemitraan masyarakat berupaya hadir ditengah masyarakat dengan berkontribusi dalam pendampingan dan pembinaan. Seperti yang dilaksanakan oleh tim dosen prodi Biologi, Jurusan Bioteknologi yang membina dan mendampingi kelompok tani jamur tiram di Desa Luwus, kabupaten Tabanan, Bali. Kegiatan ini di fokuskan pada upaya mengurangi volume limbah baglog yang dihasilkan dari proses budidaya. Pemahaman mahsyarakat khususnya limbah baglog masih sangat minim, sehingga perlu dilaksanakan program pendampingan.

pelatihan media tanam

        Beberapa solusi dan target luaran yang ingin dicapai pada program ini adalah Sosialisasi berupa penyuluhan dan bimbingan tentang limbah baglog kepada anggota kelompok mitra, yang meliputi: pengertian dan komponen limbah serta sistem pengelolaan limbah baglog, Pelatihan kepada anggota kelompok mitra tentang teknik pengelolaan limbah menjadi media hidroponiksubstrat secara individu maupun berkelompok, membuat pembukuan sederhana hasil penjualan sayuran hidroponik substrat. Target luaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada Kelompok budidaya jamur tiram, Desa Luwus, Baturiti, Tabanan untuk pelaksanaan pendampingan dalam menunjang ketersediaan pangan sebagai berikut : 1) Meningkatnya pengetahuan anggota kelompok budidaya jamur tentang pengelolaan limbah baglog yang benar dan ramah lingkungan dan terciptanya upaya aktif dalam memecahkan masalah limbah baglog dengan mengelola limbah menjadi media tanam, 2) Meningkatnya keterampilan para anggota dalam bertani secara organik dengan memanfaatkan lahan pekarangan, sehingga dapat mengatasi keterbatasan lahan dan dihasilkan produk pangan yang sehat khususnya sayuran organik dan 3) Meningkatkan keterampilan pemasaran dan pembukuan sederhana para anggota sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para anggota.

pelatihan media tanam2

       Kegiatan yang telah berlangsung dari Bulan Agustus hingga Bulan Desember Tahun 2017 ini diikuti oleh 8 orang anggota kelompok tani mitra, 3 orang tim dosen Prodi Biologi Undhira, dan beberapa mahasiswa Prodi Biologi Undhira. Kegiatan serupa penting dilaksanakan di beberapa tempat masyarakat kelompok tertentu, dalam pemberdayaan masyarakat untuk menigkatkan perekonomian masyarakat pedesaan.

Writer: I Gede Widhiantara